-->

Monday, October 22, 2012

Kembangkan Kemandirian dengan Wirausaha

Guna mewujudkan generasi muda yang kreatif dan inofatif dalam mengembangkan kewirausahaan mandiri, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Provinsi Jawa Timur menggelar pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bekerjasama dengan PT. Semen Gresik (Persero), Ahad, (21/10/2012).

Pelatihan yang diikuti oleh 130 orang peserta dari berbagai wilayah di Jawa Timur ini dilaksanakan di Auditorium SMA NU 1 Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Nampak, para peserta begitu antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang telah diagendakan. Mereka sangat responsif dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini.

“Senang rasanya bisa turut serta dalam pelatihan ini, jujur ini adalah pengalaman pertama bagi saya pribadi. Banyak hal bermanfaat yang bisa saya dapatkan. Di antaranya yakni, praktek usaha sablon yang telah diajarkan, di samping juga tambahan wawasan keilmuan tentang kewirausahaan yang telah disampaikan pleh beberapa nara sumber, baik dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur maupun Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Institute” ujar Kholiq, salah seorang peserta dari PK. IPNU MA Ampel Banjarjo, Kabupaten Bojonegoro.


Sementara itu, H. Muslich Hasyim dari HIPMI dalam ulasannya mengatakan, saat ini bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang mampu berwirausaha. Sebab, peningkatan ekonomi seseorang dan bangsa ini hanya dapat dilakukan dengan menjadi pelaku-pelaku usaha.

“Jatuh bangun dalam membangun usaha adalah sesuatu yang lumrah. Namun, semangat pantang menyerah sangat diperlukan untuk menuai kesuksesan dalam berbisnis” ujarnya bersemangat.

Ia mengatakan, tahapan yang harus dilakukan calon pengusaha sebelum memulai maupun saat menjalankan usahanya adalah bagaimana membuat proposal kerja sama bisnis yang baik, sehingga klien ataupun stakeholder yang hendak kita ajak kerjasama dapat menerima tawaaran kita dengan baik, dan ini juga memererlukan teknik melobi yang baik pula” jelasnya.

Lain dari itu, Dadya Indraksa nara sumber dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Institue mengatakan untuk berani membuat pilihan menjadi wirausahawan sukses, maka sejak dini harus ditanamkan jiwa kewirausahaan secara serius pada masing-masing pribadi, disamping juga perlu untuk mengoptimalkan program kemitraan yang telah dicanangkan pemerintah dengan berupaya sebaik mungkin menghadapi problem yang ada.(Awang)

No comments: