-->

Sunday, December 2, 2012

Tatib IPNU Berakhir Deadlock

Setelah molor selama hampir dua jam, Sidang Tata Tertib Kongres XVII Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan tadi malam berakhir deadlock. Hal ini terjadi karena tidak adanya kesepakatan antara peserta terkait pasal 5 tantang peserta penuh, Sabtu (01/12/12).

Sidang yang baru bisa dimulai pada jam 21.00 WIB ini tidak bisa dilanjutkan karena situasi sidang yang sudah tidak kondusif. Para peserta yang berbeda pendapat tidak bisa lagi dikendalikan oleh Pimpinan Sidang.

Beberapa kali para peserta terlibat kericuhan di ruang sidang, sampai akhirnya sidang benar-benar tidak bisa lagi dilanjutkan dan dinyatakan deadlock meskipun upaya lobi telah dilakukan oleh masing-masing kubu.


Beberapa hal yang diperdebatkan antara lain terkait dengan peserta penuh, dimana terjadi silang pendapat tentang status Pimpinan Pusat yang oleh sebagian peserta tidak perlu dimasukkan menjadi peserta penuh.

Selain itu, item yang menjadi permasalahan adalah terkait utusan Wilayah dan Cabang yang menjadi peserta penuh adalah 4 orang hendak dirubah menjadi satu delegasi saja.

Rencananya, tatib yang sempat tertunda dan terpaksa dihentikan pada jam 1 dini hari tadi akan dilanjutkan pagi ini dengan menu pembahasan yang sama.

Sementara itu, Sidang Tata Tertib Kongres XVI Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama relatif lancar meskipun tetap saja ada beberapa kali silang pendapat. Namun, hal tersebut tidak sampai mengganggu jalannya persidangan.

Beberapa hasil yang telah ditetapkan adalah Calon Ketua Umum minimal harus didukung oleh 50 suara untuk bisa maju menjadi ketua Umum PP. IPPNU periode 2012-2015.

No comments: