-->

Sunday, October 21, 2012

Restu Juarai Olimpiade PKn Tingkat Nasional

Restu Kholifatul Ummi, nama siswi SMAN Model Terpadu Bojonegoro yang juga pengurus PC. IPPNU Bojonegoro ini telah membuat bangga lembaga pendidikannya tempat belajar. Pasalnya, remaja asal Desa Bendo, Kecamatan Kapas ini baru saja menyebet juara 1 pada Olimpiade PKn tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Malang (UM) pada tanggal 15 Oktober lalu.
Makalahnya yang berjudul “Saatnya untuk Sadar Politik” yang mengangkat permasalahan Pilkada di kalangan pemilih pemula ini mampu menyingkirkan beberapa kelompok peserta lainnya. Di antaranya peserta dari SMAN 3 Bojonegoro, SMAN 1 Brebes, SMA YPVDP Bontang, dan SMAN 4 Surabaya.
Restu bersama dua orang temannya, Mega Dipta Pradita dan Nanik Nurwanti tertarik mengangkat tema ini karena Bojonegoro sebentar lagi akan menggelar hajatan demokrasinya untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro untuk masa jabatan 5 tahun mendatang.
Dalam penelitiannya yang menggunakan metode angket ini di dapatkan hasil bahwa 85 persen pemilih pemula tidak tahu jadwal pemilihan Kepala Daerah. Bahkan ada separo lebih responden tidak tahu lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bersaing pada pilkada 10 November nanti.

“Data itu kami peroleh pada tanggal 15 September lalu saat Malam Gelar Kemerdekaan (MGK) di SMAN 1 Bojonegoro. Dimana, 50 lembar angket tentang pilkada kami sebarkan kepada para pemilih pemula yang saat itu hadir dalam acara tersebut” ujarnya.
Sementara itu, Mega Dipta Pradita menambahkan, kesimpulan pada hasil angket, pengetahuan pilkada bagi pemilih pemula masih sangat kurang. Kondisi ini bisa berdampak mereka tidak menggunakan hak pilihnya.
“Bisa saja dengan ketidak tahuannya dengan pilkada itu, bisa membuat mereka golput. Selain itu, pemilih pemula bisa “terjebak” untuk mengikuti pilihan orang tuanya terkait pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan dipilih” pungkasnya.

No comments: